Resolusi 2018 : Aku Ingin Menjadi Lebih Berarti

Resolusi 2018, Theragran M, Theragran-M

Tanpa terasa sebentar lagi kita akan meninggalkan 2017. Bagiku, 2017 adalah sebuah tahun yang amazing dan unbelievable. Di tahun 2017 ini, aku mendapatkan suatu anugerah tak ternilai yang sebelumnya tidak pernah terbayang dalam hidupku. Seorang malaikat kecil bernama Nasya Aurelia. Dia adalah sebuah karunia yang sangat indah. Hanya dengan melihat senyum dan tawanya aku bisa menjadi lebih kuat dalam menghadapi dunia. Bisa dikatakan, sekarang ia adalah penyemangat dalam hidupku. Di sisi lain, 2017 merupakan tahun dimana aku mengambil keputusan yang sangat berat karena ini bertentangan dengan impianku sebelumnya. Rasanya aku juga tidak percaya kalau aku bisa mengambil keputusan seperti ini. Dulu aku bermimpi ingin menjadi wanita karir, seorang wanita yang sukses dengan pekerjaanya di perkantoran elit di Jakarta. Namun setelah Nasya lahir aku mengambil keputusan untuk tetap tinggal di rumah, menjadi ibu rumah tangga yang siap 24 Jam untuk menjaga putri tercintanya.

Aku dan Nasya. Bersamanya merupakan hal yang sangat menyenangkan. Melihatnya tersenyum dan tertawa merupakan penyejuk hati dikala gundah.

Biasanya setiap akhir tahun aku membuat resolusi untuk tahun berikutnya. Beberapa hari sebelum terompet tahun baru berbunyi, aku sudah sibuk memikirkan apa-apa saja yang ingin aku lakukan di tahun depan. Dan kalau diperhatikan, resolusiku pasti berhubungan dengan keinginan untuk travelling,  ingin mendapat pekerjaan yang lebih baik atau ingin memiliki sebuah gadget baru.

Namun tahun ini ada yang sedikit berbeda. Keinginanku masih sama seperti dulu, ingin travelling, ingin membeli  gadget baru, ingin belajar sesuatu yang baru, ingin sukses di tempat kerja. Namun rasanya semua itu tidak bisa aku realisasikan saat ini karena aku punya prioritas yang lebih penting yaitu membesarkan putriku dengan cinta dan kasih sayang. Aku memang bukan ibu terbaik di dunia, tapi aku ingin selalu memberikan yang terbaik untuknya. Dan menurutku yang terbaik untuk perkembangannya adalah dengan berada di sisinya. Selalu ada saat ia butuhkan. Karena itu semua keinginanku yang dulu aku simpan dalam kotak pandora, kukunci rapat di dalam hati dan kusimpan dalam gudang kehidupan.

Resolusi 2018, Theragran M

Sebagian besar orang mungkin akan beranggapan kalau seorang ibu rumah tangga itu tidak perlu membuat resolusi karena setiap hari pekerjaannya hanya berkutat pada pekerjaan rumah, suami dan anak. Setiap hari yang diurus hanya masalah dapur, cucian, setrikaan, membersihkan rumah, mengurus anak dan tak lupa mengurus keperluan suami.

Namun pendapatku berbeda dengan orang kebanyakan itu. Menurutku seorang istri atau ibu rumah tangga juga berhak memiliki arti di luar itu semua. Ia juga bisa berkarya dan berkontribusi diluar kesehariannya. Dan disitulah pentingnya membuat resolusi. Dengan membuat resolusi, setiap langkah atau aktivitas yang dilakukan jadi terarah karena memiliki tujuan yang ingin dicapai.

Aku membuat resolusi karena ada yang ingin aku capai dalam hidup. Mungkin bisa dibilang, ini merupakan pengganti dari impian atau  keinginanku yang terkubur sejak Nasya lahir. Aku memang tidak bisa beraktivitas sebebas dulu, namun bukan berarti aku tidak bisa bergerak. Aku masih bisa bergerak dari dalam rumah, dengan waktu yang fleksibel dan tentunya tetap menomer-satukan keluarga.

Lalu apa resolusiku tahun ini..

Aku ingin menjadi berarti dengan menulis

Sebenarnya, menulis bukan suatu hal baru dalam diriku. Aku mulai menulis cerpen sejak SD, sempat vakum ketika SMA sampai bekerja, dan kemudian baru mulai menulis cerpen kembali pada tahun 2012. Selain menulis fiksi aku juga suka menulis di blog. Ada beberapa blog yang aku miliki saat ini, seperti nisharing.com, anissams.id dan sirius87’s world

Tahun depan aku ingin menjadi lebih berarti lagi dengan tulisan-tulisan yang aku buat. Aku ingin lebih banyak menulis dan membagikan informasi bermanfaat bagi pembaca blogku. Tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya, aku termasuk blogger yang tidak terlalu banyak menulis. Dalam seminggu belum tentu ada 1 tulisan baru. Pasti yang membaca tulisan ni akan bertanya-tanya, “Nulisnya jarang kok blognya banyak?”. Kalau boleh sharing sebenarnya aku ingin membuat blog yang aku punya terspesialisasi. Masing-masing blog memiliki target marketnya sendiri. Dua blog pertama yang aku sebutkan di atas juga baru aku buat tahun ini. Bisa dikatakan tahun ini merupakan persiapanku menyambut tahun depan. Blognya aku sediakan di tahun ini dan fokus pengisiannya di tahun 2018.

Aku juga punya keinginan untuk menulis sebuah buku. Rencananya buku tersebut berisi informasi dan pengalaman yang aku dapat selama menjadi seorang blogger. Untuk judul atau isinya masih belum fixed alias masih dipikirkan. Semoga dengan tulisan-tulisan yang aku buat, orang yang membacanya bisa terbantu dan mendapat informasi yang dibutuhkan. 

Aku ingin menjadi berarti dengan terus mengembangkan diri

Ada yang bilang hidup itu harus terus berkembang, kita hidup karena kita terus bergerak. Karena itu, aku tidak ingin mengalami stagnasi dalam diriku. Aku ingin berkembang dan menjadi seseorang yang lebih baik dan lebih baik lagi. Untuk tahun depan, rencananya aku ingin mulai mengembangkan diri dengan belajar beberapa hal yang menunjang kegiatan menulis dan blogging yang aku jalani saat ini. Aku ingin belajar tentang teknik kepenulisan, aku ingin belajar photoshop dan digital marketing/SEO. Semoga dengan keahlian-keahlian tersebut aku bisa menjadi seorang blogger yang lebih produktif dan kreatif.

• Aku ingin menjadi berarti dengan berbagi

Ada yang bilang, kita menjadi berarti ketika kita memiliki nilai di masyarakat. Ada juga yang bilang sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat untuk orang lain. Tahun depan aku ingin menjadi seseorang yang berarti/bernilai dengan cara berbagi. Sebenarnya menulis juga merupakan salah satu bentuk berbagi, berbagi ilmu/informasi. Namun berbagi yang aku maksud di sini adalah berbagi dalam bentuk materi.

Manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, ketika seseorang diciptakan dengan kelebihan tertentu, tentu Tuhan menginginkan agar kelebihan tersebut juga dibagikan kepada orang-orang yang kekurangan. Kelebihan yang ada bukan untuk menyombongkan diri, namun untuk lebih membuat kita bersyukur atau berterima kasih kepada Tuhan atas kelebihan yang ia berikan tersebut. Dan menurut saya, salah satu cara kita berterima kasih adalah dengan berbagi dengan sesama.

Untuk pelaksanaanya, aku bisa mengganti tradisi ulang tahun yang biasanya dirayakan dengan teman-teman menjadi acara berbagi di panti asuhan atau panti jompo. Jika ini dilakukan saat ulang tahun Nasya, ini bisa menjadi bahan pelajaran baginya agar menjadi manusia yang suka berbagi. Harapannya ia bisa menjadi seseorang yang dermawan saat ia dewasa nanti. Aku juga bisa berbagi saat bulan Ramadhan dengan membagikan buka puasa di masjid atau yayasan di sekitar rumah. Semoga dengan berbagi, aku bisa menjadi seseorang yang berarti untuk orang lain.

Dalam pelaksanaan resolusi ini, aku memmpunyai satu catatan penting. Pada tahun 2015 yang lalu, beberapa resolusiku yang sudah hampir terlaksana menjadi hancur berantakan karena masalah kesehatan. Kesehatan itu merupakan bagian paling penting dalam pelaksanaan suatu rencana. Sebaik apapun rencana kalau tiba-tiba badan ambruk, maka rencana hanya tinggal rencana. Setelah mengalami pengalaman pahit itu, aku menjadi sangat concern terhadap yang namanya kesehatan. Beberapa gaya hidup sehat sudah mulai aku terapkan sejak tahun 2016 lalu. Tujuannya satu, yaitu untuk menghindari penyakit.

Namun, terkadang kita tidak bisa mengabaikan faktor X. Faktor yang tanpa disangka-sangka berhasil membuat tubuh kita sakit. Yah, kalau seperti itu mau apa lagi, yang penting kalau sakit jangan lama-lama. Kalau sudah sakit maka proses pemulihannya yang penting agar kita bisa segera beraktifitas kembali. Dan untuk proses penyembuhan, biasanya aku dan keluarga mengkonsumsi Theragran-M. Multivitamin berbentuk salut gula ini merupakan vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.

My2018resolution, resolusi 2018, Theragran-M

Aku berkenalan dengan Theragran-M sehabis terkena penyakit tipus 2 tahun yang lalu (tahun 2015). Waktu itu ada seorang teman yang menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin ini karena bagus untuk masa penyembuhan. Setelah mengkonsumsi vitamin ini, tubuhku jadi terasa lebih ‘enak’ dibanding sebelumnya. Sebelumnya badan terasa cepat lelah ketika beraktifitas, namun setelah beberapa kali mengkonsumsi Theragran-M aku dapat beraktifitas kembali seperti sebelum sakit.

Untuk yang belum mengetahui vitamin ini mungkin bisa langsung mencari tahu di website resmi Theragran-M. Secara singkat, Theragran-M merupakan kombinasi multivitamin dan mineral essensial yang diperlukan oleh tubuh manusia. Untuk menjaga tubuh agar tetap fit, tentunya kita memerlukan vitamin seperti Vitamin A, B,C,D,E serta Magnesium, Zinc dan mineral essensial lainnya. Namun untuk bisa mendapatkan vitamin-vitamin tersebut kita harus mengkonsumsi berbagai jenis sayuran, buah-buahan dan bahan makanan lainnya. Agak ribet dan suka bikin males biasanya. Nah, supaya nggak ribet Theragran-M ini merupakan solusi yang tepat untuk pemenuhan semua kebutuhan vitamin tersebut. Selain multivitamin yang lengkap dalam satu bulir kapsul, Theragran-M merupakan vitamin yang sudah diresepkan oleh dokter lebih dari 40 tahun, so vitamin ini sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Saya juga tidak perlu khawatir untuk kehalalan obat ini karena sudah mendapat ijin halal dari MUI.

Demikianlah rencana atau resolusi yang ingin saya wujudkan di tahun 2018 nanti. Semoga dengan kesehatan yang terjaga, pada akhir tahun 2018 nanti aku bisa tersenyum bahagia karena 100% resolusiku bisa terlaksana.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Theragran-M

64 thoughts on “Resolusi 2018 : Aku Ingin Menjadi Lebih Berarti”

  1. Yeeayy.. artikelnya keren mbak Nisa, good luck ya!

    Salah satu resolusi saya juga ingin traveling bersama keluarga tapi yang dekat-dekat saja hehe.. mungkin lebih tepatnya bukan traveling tapi jalan-jalan yaa 🙂

    Semoga sukses di tahun ini maupun di tahun mendatang, aamiin..

    1. Iya mba… aku juga masih kepingin jalan2.. cuman si kecil kasian kalo ditinggal ato dibawa jalan jauh2.. makanya keinginan jalan2nya diseimpen dulu sampe dia besar..

    1. jangan ditampar mbaa.. sakit nanti.,, hehe… yaa,, sebagai manusia tentunya kita memang harus lebih baik dan lebih baik lagi ya mba…

  2. sama mbaak… aku juga ibu rumah tangga yang merasa “hidup lagi” setelah menulis… dan alhamdulillah banyak banget berkah yang kudapat melalui ngeblog…

    1. hehhe, iya ya mba… seperti menemukan gairah baru untuk hidup.. ibu-ibu rumah tangga juga bisa eksis dengan menulis.. majuu teruss mba retnoo…

    1. iya, betul banget mnba Leyla.. kesehatan itu emang penting ting ting… harus dijaga selalu supaya bisa beraktiftas maksimal

  3. amiin ya buat resolusinya. emang sih kalau uda punya baby kita harus ngalah dengan ambisi2 pribadi. tetep strong ya, kdg si baby bakal bawa kita bgadang2…

    1. iya mba rina.. harus mengesampingkan keinginan pribadi dem si buah hati… buah hati is numero uno.. begadang uda sering mba.. waktu tidur jadi gak sebebas dulu ketika masih single. hehhe

    1. duuh.. aku jadi maluu.. mba arda resolusinya lebih kerenn.. resolusi untuk tiga pernanan… banyak tuh mba.. aku mah apa atuuh..

    1. Iya mba.. sederhana sebenarnya.. resolusiku gak muluk2… tapi ya itu.. kdang karena suatu hal bisaajah gak terlaksana resolusinya, termasuk masalah kesehatan.

  4. aku ga punya anak, tapi ngerti banget buat para orang tua semua apapun pasti dicurahkan buat anak.. semoga diberi kesehatan terus mbak, dan nasya tumbuh jadi anak soleh dan bahagia. 🙂

    1. Amiin.. Makasihh mba Marya… iyaa mba, kalo uda jadi ortu apapun semuanya buat anak.. keinginan pribadi biasanya akan dikesampingan karena mikirin anak..

  5. Halo mbak Nissa, semoga tercapai cita2nya di tahun 2018 ya aamiin. Pasti menjadi seorang ibu akan selalu memiliki arti mbak, kapanpun tahunnya hehehe semoga Allah mengabulkan segala harapan mbak ya sip.

  6. Jaga kesehatan juga mbak, biar semua target di tahun 2018 nanti bisa terwujud dengan sempurna… 😀

    salam kenal, dan selamat tahun baru 2018..

    1. Aamin… semoga ya mas.. bisa terwujud semua resolusi saya,, iyupss.. kesehatan itu yang utama.. kalo sakit jadi nggak bisa ngapa2in… ^^

    1. hehhe,, iya mba.. udah gak pantes lagi sepertinya foya-foya.. uda punya anak harus bisa memberikan contoh yang baik dan bisa diteladani..

  7. Blognya banyak bangeeeet kaaak, gmn itu maintainnya, aku satu aja sudah pusing hehehe…

    Btw, emang dari banyak resolusi, soal kesehatan itu gak bs kompromi ya, sehat wajib, biar bisa terus berkarya maksimal 🙂

    Cheers,
    Dee – heydeerahma

    1. iyapss.. betul bangett.. kesehatan itu paling penting-ting-ting,, hehhe aku juga agak kewalahan sebenarnya.. itu dibuatu beberapa biar temanya fokus aja setiap blog,,

    1. Thank you mas hendra,,,
      Aamiin.. semoga kita bisa jadi orang yang lebih berarti lagi dengan menulis ya mas hendra..

Leave a Reply